Powered By Blogger

Senin, 23 Januari 2012

Pendidikan

"Pendidikan Karakter"
 saat ini kata-kata inilah yang marak diperbincangkan di masyarakat. Pendidikan karakter tengah marak digalakkan oleh pemerintah untuk menciptakan SDM yang berkualitas. Di sekolah-sekolah banyak diterapkan model pembelajaran pendidikan berkarakter.

Apa itu "Pendidikan Karakter" ? Mari kita bahas.
Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat.
Bagi Indonesia saat ini, pendidikan karakter juga berarti melakukan usaha dengan sungguh-sungguh, sistematik, dan berkelanjutan untuk membangkitkan dan menguatkan kesadaran serta keyakinan semua orang Indonesia bahwa tidak akan ada masa depan lebih baik tanpa membangun dan menguatkan karakter rakyat Indonesia.

Theodore Roosevelt mengatakan : "To educate a person in mind and not in moral is educate a menace to society" (Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman marabahaya kepada masyarakat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar